MATERI KE-5 PENGENALAN GUI


GUI ( Graphic User Interface ).
Pada dasarnya bahasa pemrograman java hanya dikenal dengan java console yang dimana program java ini hanya dapat dijalankan pada konsol saja. Kemudian, semakin lama Java semakin berkembang. Hingga terciptanya Java GUI ( Graphic User Interface ). Graphic User Interface (GUI) adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan beberapa komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen – komponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut.
Berikut ini adalah beberapa icon yang ada pada GUI, serta kegunakaannya:

Swing Containers
No
Tools
Fungsi
1
Panel 
Untuk mengelompokkan komponen-komponen.
2
Split Pane
Menampilkan dua komponen dalam ruang yang tetap, memungkinkn user untuk menentukan ukuran ruang yang dipilih untuk setiap komponen.
3
Tool Bar
Sebagai tempat untuk menampilkan tool-tool yang bertujuan mempermudah user dalam mengoperasikan beberapa tool-tool yang mungkin sering digunakan.
4
Internal Frame
Merupakan frame internal (di dalam frame utama). membuat banyak window (multi-window) di dalam satu frame.
5
Tabbed Pane
Membuat frame yang terdiri dari tab-tab yang bisa dipilih oleh user.
6
Scroll Pane
Menyediakan scroll bar di sekeliling perubahan ukuran komponen.
7
Desktop Pane

8
Layered Pane
Menyediakan tiga lapis dimensi untuk memposisikan komponen.

Swing Controls

No
Tools
Fungsi
1
Label
Untuk memberikan keterangan tambahan atau indentitas pada tombol atau perintah lainnya.
2
Toggle Button
Button yang selalu berada dalam salah satu dari dua kondisi. Setiap klik pada button akan merubah dari kondisi satu ke kondisi lainnya.
3
Radio Button
Untuk meminta user agar memilih satu dari lebih dua pilihan, contoh penggunaannya adalah ketika kita mengisi data diri untuk pilihan jenis kelamin.
4
Combo box
Berfungsi untuk menyisipkan beberapa pilihan / perintah, sehingga dengan Combo Box ini lebih menghemat tempat, karena dalam Combo Box ini terdiri dari beberapa pilihan.
5
Text Field
Untuk membuat kolom agar kelak bisa diisi perintah-perintah teks atau angka oleh user, semisal pada pembuatan aplikasi kalkulator “text field” berfungsi menampilkan hasil dari hitungan kalkulator tersebut.
6
Scroll Bar
Untuk menggeser jendela (windows) secara vertikal.
7
Progress Bar
Digunakan untuk menampilkan status proses.
8
Password Field
Tempat untuk mengisikan password yang kita miliki.
9
Separator
Berfungsi sebagai “sekat” atau pemisah antar garis yang ada pada aplikasi atau software yang nantinya akan dibuat.
10
Editor Pane
Sebuah  panel yang digunakan untuk mengedit tulisan.
11
Tabel
Menampilkan atau menyisipkan tabel pada aplikasi yang nantinya akan kita buat.
12
Button
Kontrol yang tampil pada layar dengan bentuk tertentu yang mirip dengan tombol persegi panjang dengan tulisan di tengahnya.
13
Check Box
Memilih lebih dai satu pilihan, dengan menyimpan data dan akan menampilkannya ketika di klik.
14
Button Group
Untuk menggabungkan seluruh button supaya menjadi satu kesatuan fungsi.
15
List
Untuk menampilkan beberapa item.
16
Text area
Tempat mengetikkan tulisan yang berada dalam kotak yang mempunyai fungsi scroll.
17
Slider
Berfungsi sebagai visualisasi proses perjalanan dari sebuah musik atau video.
18
Formatted Field
Komponen yang memungkinkan untuk mengedit sebuah nilai didalamnya secara particular.
19
Spinner
Berisi angka yang diletakkan secara ringkas atau berupa daftar, ketika kita membutuhkan angka lebih kecil, kita tinggal klik tanda panah      sampai muncul angka yang kita inginkan, atau sebaliknya misalkan kita butuh angka lebih besar klik tanda panah sampai muncul angka yang kita inginkan.
20
Text pane
Menampilkan teks dan membolehkan user untuk mengeditnya.
21
Tree
Menampilkan data dalam bentuk hirarkis.

Komentar

Bagus

TIPE DATA, OPERATOR DAN PERCABANGAN PADA JAVA

PERULANGAN