MATERI KE-5 PENGENALAN GUI
GUI ( Graphic User
Interface ).
Pada
dasarnya bahasa pemrograman java hanya dikenal dengan java console yang dimana
program java ini hanya dapat dijalankan pada konsol saja. Kemudian, semakin
lama Java semakin berkembang. Hingga terciptanya Java GUI ( Graphic User
Interface ). Graphic User Interface (GUI) adalah pemrograman dengan bahasa Java
yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah
menambahkan beberapa komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen
– komponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya adalah untuk
memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut.
Berikut ini adalah beberapa icon
yang ada pada GUI, serta kegunakaannya:
Swing Containers
No
|
Tools
|
Fungsi
|
1
|
Panel
|
Untuk mengelompokkan komponen-komponen.
|
2
|
Split Pane
|
Menampilkan dua komponen dalam ruang yang tetap, memungkinkn user untuk menentukan ukuran ruang yang dipilih untuk setiap komponen.
|
3
|
Tool Bar
|
Sebagai tempat untuk menampilkan tool-tool yang bertujuan mempermudah user dalam mengoperasikan beberapa tool-tool yang mungkin sering digunakan.
|
4
|
Internal Frame
|
Merupakan frame internal (di dalam frame utama). membuat banyak window (multi-window) di dalam satu frame.
|
5
|
Tabbed Pane
|
Membuat frame yang terdiri dari tab-tab yang bisa dipilih oleh user.
|
6
|
Scroll Pane
|
Menyediakan scroll bar di sekeliling perubahan ukuran komponen.
|
7
|
Desktop Pane
| |
8
|
Layered Pane
|
Menyediakan tiga lapis dimensi untuk memposisikan komponen.
|
Swing Controls
No
|
Tools
|
Fungsi
|
1
|
Label
|
Untuk memberikan keterangan tambahan atau
indentitas pada tombol atau perintah lainnya.
|
2
|
Toggle Button
|
Button yang selalu berada dalam salah satu dari dua
kondisi. Setiap klik pada button akan merubah dari kondisi satu ke kondisi
lainnya.
|
3
|
Radio Button
|
Untuk meminta user agar memilih satu dari lebih dua
pilihan, contoh penggunaannya adalah ketika kita mengisi data diri untuk
pilihan jenis kelamin.
|
4
|
Combo box
|
Berfungsi untuk menyisipkan beberapa pilihan /
perintah, sehingga dengan Combo Box ini lebih menghemat tempat, karena dalam
Combo Box ini terdiri dari beberapa pilihan.
|
5
|
Text Field
|
Untuk membuat kolom agar kelak bisa diisi
perintah-perintah teks atau angka oleh user, semisal pada pembuatan aplikasi
kalkulator “text field” berfungsi menampilkan hasil dari hitungan kalkulator
tersebut.
|
6
|
Scroll Bar
|
Untuk menggeser jendela (windows) secara vertikal.
|
7
|
Progress Bar
|
Digunakan untuk menampilkan status proses.
|
8
|
Password Field
|
Tempat untuk mengisikan password yang kita miliki.
|
9
|
Separator
|
Berfungsi sebagai “sekat” atau pemisah antar garis
yang ada pada aplikasi atau software yang nantinya akan dibuat.
|
10
|
Editor Pane
|
Sebuah panel
yang digunakan untuk mengedit tulisan.
|
11
|
Tabel
|
Menampilkan atau menyisipkan tabel pada aplikasi
yang nantinya akan kita buat.
|
12
|
Button
|
Kontrol yang tampil pada layar dengan bentuk
tertentu yang mirip dengan tombol persegi panjang dengan tulisan di
tengahnya.
|
13
|
Check Box
|
Memilih lebih dai satu pilihan, dengan menyimpan
data dan akan menampilkannya ketika di klik.
|
14
|
Button Group
|
Untuk menggabungkan seluruh button supaya menjadi
satu kesatuan fungsi.
|
15
|
List
|
Untuk menampilkan beberapa item.
|
16
|
Text area
|
Tempat mengetikkan tulisan yang berada dalam kotak
yang mempunyai fungsi scroll.
|
17
|
Slider
|
Berfungsi sebagai visualisasi proses perjalanan
dari sebuah musik atau video.
|
18
|
Formatted Field
|
Komponen yang memungkinkan untuk mengedit sebuah
nilai didalamnya secara particular.
|
19
|
Spinner
|
Berisi angka yang diletakkan secara ringkas atau
berupa daftar, ketika kita membutuhkan angka lebih kecil, kita tinggal klik
tanda panah sampai muncul angka
yang kita inginkan, atau sebaliknya misalkan kita butuh angka lebih besar
klik tanda panah sampai muncul angka yang kita inginkan.
|
20
|
Text pane
|
Menampilkan teks dan membolehkan user untuk
mengeditnya.
|
21
|
Tree
|
Menampilkan data dalam bentuk hirarkis. |
Komentar
Posting Komentar