PERULANGAN


PERULANGAN
            Perulangan digunakan untuk mengulang bagian tertentu dari struktur pemrograman sampai ditemukan kondisi dimana perulangan tersebut harus dihentikan. Di dalam pembahasan ini akan terdibahas beberapa perulangan yang dapat digunakan dalam pemrograman java.
1.      Perulangan While
Perulangan while adalah struktur kontrol yang memungkinkan untuk mengulangi suatu proses dengan jumlah perulangan tertentu. Selama eksprensi_Bolean bernilai benar, maka stetmen dalam struktur akan di eksekusi. Berikut ini adalah contoh penggunaan while :

2.      Perulangan Do...While
Perulangan Do...while sama seperti perulangan while, tetapi perulangan do...while pasti akan di eksekusi minimal satu kali. Berikut ini adalah contoh penggunaan Do...While ;



3.      Perulangan For
Perulangan for adalah struktur kontrol repetitif yang memungkinkan Anda untuk mejalankan proses dengan jumlah perulangan tertentu (jumlah perulangan sudah diketahui sebelumnya).
Berikut ini aliran proses dalam perulangan for:

  •       Bagian inisialisasi dieksekusi pertama kali dan hanya sekali. Bagian ini memungkinkan program untuk mendeklarasikan dan menginisialisasi variabel kontrol perulangan.
  •     Setelah itu, ekspresi Boolean dievaluasi. Jika bernilai benar, statemen dalam struktur for akan dieksekusi. Jika tidak, statemen tidak dieksekusi dan proses berlanjut pada bagian setelah perulangan for.
  •      Setelah statemen dalam for dieksekusi, aliran proses kembali pada bagian update. Statemen update ini memungkinkan program untuk meng-update nilai di dalam variabel kontrol dalam for.
  •    Ekspresi Boolean kemudian dievaluasi lagi. Jika benar, statemen dalam perulangan for kembali dieksekusi, dan dilanjutkan ke bagian update. Jika tidak, perulangan for akan selesai dan proses berlanjut pada bagian setelah perulangan for.
Berikut ini adalah contoh pemrograman for :

Komentar

Bagus

TIPE DATA, OPERATOR DAN PERCABANGAN PADA JAVA

MATERI KE-5 PENGENALAN GUI